nugraha

(BLACKBERRY) Perbaikan sendiri App Error 606 Endless Reset Problem (Studi Kasus 9780 a.k.a Onyx2)

Posted by

apapun

Beberapa hari yang lalu Blackberry 9780 (Onyx2/Delta) saya mengalami masalah yang cukup fatal, yaitu OS BB ( v6.0.0.480 Platform 6.5.0.153) mengalami crash sehingga sama sekali tidak dapat dipakai. Bila BB direset (termasuk cabut baterai) maka loading OS akan lama sekali dan akhirnya akan muncul daftar semua aplikasi yang sudah terinstall di layar dan apabila setiap aplikasi tersebut diklik akan muncul tulisan “Uncaught exception: NullPointerException“, beberapa lainnya muncul “Uncaught exception: java.lang.Error” dan kemudian akan muncul layar putih menampilkan pesan”App Error 606” dan dibawahnya tulisan “Reset“. Begitu terus berulang setiap kali BB direset..
Masalah tersebut bermula saat saya mengunduh pembaruan “Aplikasi penyetelan Email” ver 6.11.0324.1701 dari vendor RIM.
Entah karena salah prosedur, karena saat itu memang konsentrasi lagi terbagi ke banyak hal, atau emang lagi apes akhirnya bukan pembaruan/update yang didapat tapi BB malah jd error.
Rasa cemas jelas ada, cuman selama ada om google dan koneksi internet yang cukup kencang membuat rasa panik tidak sempat mendatangi. Setelah googling dapat saya ketahui bahwa permasalahan yang saya hadapi tersebut dapat diatasi dengan cara menginstall ulang OS BB. Berikut langkah-langkahnya:
1. Persiapkan:
  • notebook/PC yang dilengkapi dengan koneksi internet yang cukup kencang, saya menggunakan netbook Toshiba NB305 dengan sistem operasi Windows 7 Starter.
  • BB dengan kabel datanya.
2. Unduh (download):
  • BBSAK (Blackberry Swiss Army Knife), yang saya gunakan BBSAK versi 1.7, dapat diunduh di sini. Ini dipakai untuk wipe (menghapus/mengosongkan OS dan semua aplikasi yang sudah terinstall semula).
  • Blackberry Desktop Software, yang saya gunakan Blackberry Desktop Software versi 6.0.1.18, dapat diunduh di sini. Ini digunakan untuk menginstall ulang OS ke dalam BB kita.
  • Installer OS yang mau diisikan ke dalam BB kita, saya menggunakan Official OS 6.0.0.285 dari Telkomsel (karena saya pelanggan Telkomsel), dapat diunduh di sini. Untuk pelanggan Indosat, XL, 3 juga tersedia di situ, tinggal pilih saja.
3. Install ke dalam notebook/PC semua hasil unduhan di atas.
4. Jalankan BBSAK untuk Wipe BB kita.

Cara jalankan BBSAK adalah:
- Sambungkan BB kita menggunakan kabel data ke notebook/PC
- Saat muncul dialog box “Please enter Password. If none leave blank” klik OK
- Klik menu Backup/Restore
- Klik Wipe Device
- Tunggu sampai proses selesai ditandai munculnya layar putih dan bertuliskan“507″. Tutup program BBSAK, jangan lepas kabel data dan BB dari notebook/PC.








5. Jalankan APPLOADER dari Blackberry Desktop Software yang sudah diinstall (jangan jalankan Blackberry Desktop Software dari shortcut di desktop notebook/PC). Buka dari Windows Explorer folder Computer/SYSTEM(C)/Program Files/Common Files/Research In Motion/AppLoader
- Klik dua kali (double click) Loader . Klik terus tombol Next sampai muncul tampilan seperti ini:
- Centang pilihan yang di bawah, kemudian klik Next, kemudian akan muncul layar:
- Dari sini dapat kita pilih mana-mana saja aplikasi yang perlu saja yang mau kita install di BB kita. Untuk aplikasi wajib (ditandai dengan tanda centag abu-abu) jangan diganggu gugat, biarkan apa adanya. Setelah itu klik tombol Next, muncul layar:
- Centang pilihan yang di bawah, kemudian klik Next.
- Klik tombol Finish, sediakan segelas kopi dan cemilan dan biarkan software menyelesaikan tugasnya :) Proses instalasi memakan waktu sampai dengan 30 menit, apabila selesai nanti muncul notifikasi bahwa proses telah selesai dan kita boleh melepaskan kabel data dan BB dari notebook/PC.
6. Proses install ulang OS ke BB kita selesai, semua data dan aplikasi yang tersimpan sebelumnya (kecuali data/file dalam memory card) akan hilang. Bersyukurlah apabila sebelumnya (sebelum OS BB crash) Anda sempat backup data menggunakan Blackberry Software Desktop atau aplikasi pihak ke-3 lainnya. Karena saya sebelumnya sempat backup data, maka saya tinggal mengembalikan data tersebut menggunakan Blackberry Software Desktop.
Dengan Blackberry Software Desktop kita juga dapat meng-upgrade versi OS BB kita, tinggal sambungkan BB dengan kabel data ke notebook/PC yang tersambung ke internet. Cukup mudah dan sederhana.
7. Akhirnya selamatlah BB saya, tidak perlu repot bolak-balik klaim garansi atau ke tukang service.. :)


Blog, Updated at: 18.32

0 komentar:

Posting Komentar